Minggu, 12 Januari 2014

[1Hari1Ayat] #7: Mari Menjadi Bidadari

Q.S Ar-Rahman ayat 56

فِيهِنَّ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنْسٌ قَبْلَهُمْ وَلَا جَانٌّ
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. 

Kok anak perempuan nggak boleh keluar malam? Kok anak perempuan nggak boleh pakai celana pendek? Kok anak perempuan nggak boleh pakai baju ketat? Kok nggak boleh pakai rok mini? Kok nggak boleh ini itu? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti kerap jadi pertanyaan kita bukan? Segala batasan ini itu sering kali kita anggap sebagai bentuk gaya hidup kuno, atau malahan menganggapnya sebagai diskriminasi. Banyak juga yang mencoba melawan kodrat tersebut atas nama kesamaan gender ataupun emansipasi.


Padahal andai kita mencoba flash back kembali kebelakang, dulu kehidupan perempuan begitu hina dan dihinakan. Kekerasan dari segala bentuk, pelecehan, bahkan setiap anak perempuan yang lahir merupakan suatu aib dalam keluarga. Perempuan dianggap hanyalah sebagai objek seks dan pemuasan nafsu semata. Begitu rendahnya derajat perempuan sampai akhirnya Rasulullah hadir dan merubah kejahiliyahan itu semua.
Kini ketika perempuan sudah dimuliakan semulia-mulianya, ketika derajat perempuan sudah diangkat apakah mungkin kita sendiri yang akan merendahkan diri kita? Segala batasan yang diberikan pada dasarnya bukanlah untuk mengikat melainkan untuk menjaga. Seperti mutiara yang tersimpan jauh didasar lautan, sulit digapai dan ia tersimpan dalam cangkang yang keras. Meski demikian ia tetap saja mutiara yang indah bukan.

Setiap perempuan adalah keindahan. Ia bisa menjadi perhiasan terindah didunia namun juga bisa menjadi sesuatu yang tidak berharga. Ia bisa menjadi bidadari namun juga bisa menjadi budak dunia dan hawa nafsu. Semua tergantung pilihan kita mau jadi apa? Begitu banyak kemudahan yang telah Allah berikan pada kaum hawa dalam menuju surga abadi, namun terkadang begitu mudah juga kita terjerumus dalam kesalahan-kesalahan.


So girl….buatlah para bidadari cemburu padamu….  lets be the true muslimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar