Minggu, 06 Juli 2014

Belajar dari Pujian



Banyak hal yang bisa kita pelajari dari apa yang datang kepada kita. Baik itu hal yang positif maupun negative. Jika bisa bijak mencermati jadikan sebagai penilaian diri, sehingga apapun itu tidak membuat kita berbangga diri, kecil hati, emosi dan penyakit hati lainnya.

Belajar dari pujian misalnya, kita bisa mengukur seberapa ikhlas dan seberapa tulus kita melakukan sesuatu. Jika hati merasa bangga dengan pujian tersebut berarti kita harus memperbaiki niat kita kembali agar bisa lebih baik lagi. Karena segala sesuatu yang dilakukan hanya karena Allah tidak akan terpengaruh oleh hinaan dan pujian. Semuanya benar-benar terfokus hanya pada satu tujuan, Ridho ilahi.


Sering sekali hat ini merasa begitu jumawa dengan sebuah pujian yang ditujukan secara langsung maupun tidak langsung. Namun sesering apa itu terjadi, sesering itu jugalah hendaknya kita mencoba kembali menata hati dan memperbaiki niat sehingga kita bisa belajar terus menerus bagaimana cara melakukannya hanya karena Allah. Semakin sering kita belajar semakin sering juga kita mencoba menata hati hingga nantinya kita jadi terbiasa.

Ah...Allah memang maha lembut mengajari kita banyak hal. Dari apa yang kita lihat, kita rasakan, kita fikirkan...semuanya adalah pelajaran jika kita mau berfikir. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar